Media Hr Nasional Dan Populer
4 Perbedaan Granit dan Marmer Untuk Bangunan

4 Perbedaan Granit dan Marmer Untuk Bangunan

Saat ini memang ada banyak sekali jenis ubin maupun keramik yang bisa dipilih untuk lantai maupun dinding baik digunakan di interior atau eksterior. Sebelum memilihnya, penting bagi Anda mengetahui terlebih dahulu apa perbedaan granit dan marmer karena keduanya juga terlihat hampir sama. 

Perbedaan Granit dan Marmer Sebagai Material Bangunan

Granit dan marmer adalah material yang terbuat dari batu hasil galian langsung di bumi. Meskipun keduanya mempunyai beberapa kesamaan namun sebenarnya ada perbedaan mendasar jika Anda lebih teliti memperhatikannya. Hal ini penting diketahui agar tidak saling tertukar. 

4 Perbedaan Granit dan Marmer Untuk Bangunan

1. Perbedaan Motif

Pada dasarnya, granit dan marmer mempunyai tampilan yang sungguh jelas berbeda. Granit memiliki motif berupa bintik-bintik di sekitar permukaanya dimana terasa sedikit timbul secara alami. Hal ini terjadi akibat proses peleburan batu-batuan menjadi satu. 

Sementara pada marmer memiliki motif yang berupa garis-garis urat halus akibat adanya pengendapan mineral. Hal ini menjadi salah satu alasan Jasa Poles Marmer cukup ramai pelanggan dikarenakan banyaknya keunggulan dari batu ini apabila dibandingkan dengan material lainnya. 

2. Perbandingan Karakteristik

Granit merupakan batu yang sebenarnya lebih tahan lama daripada marmer namun keduanya sama-sama berupa material berpori. Hal ini  menunjukkan bahwa carian sangat mudah meresap ke dalamnya hingga menyebabkan timbulnya noda membandel. 

Sementara marmer jauh lebih mudah untuk menyerap noda apabila dibandingkan dengan granit. Maka dari itu, disarankan menggunakan nat tidak berpasir ketika hendak memasangnya. Selain itu material ini relatif rentan terhadap tumpahan asam dan panas sehingga gampang sekali berubah jadi kusam. 

3. Pengaplikasian  dan Perawatan

Granit mempunyai sifat yang tahan lama sehingga lebih cocok diaplikasikan untuk lantai restoran, dapur dan sejenisnya. Sementara marmer seringkali digunakan pada area jarang digunakan seperti bak mandi, kamar mandi, meja rias dan dinding shower. 

Mengingat bahwa granit dan marmer sama-sama mempunyai pori-pori dengan ukuran besar maka membuat permukaannya pun juga rentan kotor. Untuk itu, Anda perlu mengusahakan agar tidak mudah terkena cairan bersifat asam maupun bahan kimia lainnya. 

4. Perbedaan Daya Tahan

Granit mempunyai kekerasan 6 sampai 7 pada skala Mohs sehingga mudah sekali menahan goresan dan kerusakan yang diakibatkan oleh panas. Hal ini menjadikannya sebagai bahan ideal untuk material dapur baik di dalam maupun luar rumah. Selain itu, granit juga tidak aakn lecet atau berubah warna. 

Cukup berbeda jauh dengan granit, marmer justru mempunyai kekerasan hanya sekitar 3 sampai 5 Mohs saja. Jenis batu ini mudah sekali  mengalami kerusakan ketika digunakan untuk memasak seperti memotong bahan  masakan maupun kontak pada panci panas maupun piring. 

Itulah tadi keempat perbedaan granit dan marmer yang mendasari Anda untuk tidak salah memilih antara dua jenis batuan tersebut. Mengingat bahwa keduanya mempunyai sifat berbeda sehingga memberikan karakteristik masing-masing saat digunakan.