Media Hr Nasional Dan Populer
5 Tips Desain Rumah Minimalis yang Hemat Biaya

5 Tips Desain Rumah Minimalis yang Hemat Biaya

Sekarang ini, desain rumah minimalis semakin banyak peminatnya. Hal ini tidak lain karena proses pembangunannya yang lebih hemat biaya. Oleh sebab itu, segera cari tahu apa saja tips desain rumah minimalis tersebut agar berhasil membangun rumah dengan budget tidak terlalu menguras kantong.

Tips Desain Rumah Minimalis Hemat Biaya

Seperti yang diketahui, memiliki rumah minimalis adalah impian banyak orang. Sayangnya, ada banyak orang menunda pembangunan rumah hanya karena biaya yang belum cukup. Untuk itu, ada baiknya untuk menyimak apa saja tips mendesain rumah minimalis lebih hemat biaya pada penjelasan di bawah ini:

5 Tips Desain Rumah Minimalis yang Hemat Biaya

1. Rencanakan Pembangunan

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan adalah merencanakan pembangunan dengan matang. Caranya adalah dengan membuat catatan rencana pembangunan hunian. Baik itu yang mencakup biaya, denah, bahan/material, ukuran, pekerja, hingga jasa desain rumah Bogor untuk warga Bogor dan sekitarnya.

Perencanaan tersebut sangat penting agar nantinya sebuah rumah dapat selesai dengan hasil maksimal dan tepat waktu. Tips tersebut juga sangat efektif untuk menghindarkan seseorang dari biaya lebih karena proses pembangunan yang kurang terencana dengan matang.

2. Minimalisir Sekat Ruangan

Ketika Anda memutuskan untuk membangun rumah dengan desain minimalis, maka ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar tidak terlalu memakan banyak biaya. Salah satunya adalah dengan meminimalisir sekat antar setiap ruangannya.

Desain rumah minimalis sendiri ada baiknya tidak memiliki banyak pembatas yang berlebihan. Pasalnya, hal tersebut hanya akan menjadikan ruangan terasa jauh lebih sempit. Tidak hanya itu, menggunakan sekat secara berlebihan juga hanya menjadikan ruangan tidak dapat menampung banyak perabotan.

3. Gunakan Cermin

Tidak banyak yang menyadari, bahwa penggunaan cermin sangat penting dalam desain rumah minimalis. Nantinya, benda tersebut akan memantulkan cahaya bayangan. Dengan begitu, akan ada banyak ilusi yang tercipta sehingga seolah-olah terlihat lebih besar.

Ketika menggunakan cermin tersebut, tidak ada salahnya juga untuk memilih ukuran besar. Ukuran tersebut sangat cocok sebagai dekorasi dinding atau lainnya sesuai kebutuhan masing-masing. Anda juga dapat membuat desain lemari dan pintu dengan lapisan cermin sehingga menimbulkan kesan luas.

4. Perhatikan Cahaya

Umumnya, rumah minimalis dibangun pada lahan yang sempit. Tidak heran jika penerangan/cahaya adalah hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan ketika mendesain hunian tersebut. Jangan sampai sebuah rumah yang sudah dibuat ternyata kekurangan cahaya karena kurang mempertimbangkan hal ini.

Keberadaaan cahaya sangat penting agar hunian tersebut tidak terlihat kusam dan pengap. Tidak hanya itu, kurangnya cahaya juga akan menyebabkan rumah jauh lebih lembab. Untuk mendapatkan cahaya tersebut, maka tambahkan jendela yang lebar sehingga rumah tidak kekurangan cahaya .

5. Gunakan Bahan Lokal

Ketika ingin membangun rumah, mencari bahan bangunan adalah hal yang tidak boleh terlewatkan. Agar dapat menghemat biaya lebih banyak, maka gunakan saja bahan lokal. Bahan tersebut tentu dapat dengan mudah diperoleh sehingga tidak terlalu sulit untuk menyiapkannya.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa bahan bekas yang masih layak pakai. Hal ini berarti, meski termasuk barang bekas kualitas dari bahan tersebut masih tetap bagus. Contohnya seperti kayu bekas dengan harga lebih hemat daripada kayu baru.

Itu dia beberapa tips desain rumah minimalis dengan biaya lebih hemat. Dengan begitu, siapa saja kini bisa mulai membangun rumah tanpa perlu menguras kantong lebih dalam. Akan tetapi, tetap perhatikan penggunaan jasa pembangunan rumah agar hasilnya tetap sesuai dengan keinginan.