5 Makanan Khas Dieng

5 Makanan Khas Dieng

Berkunjung ke objek wisata Dieng yang terkenal jangan lupa juga untuk mencicipi beberapa kuliner makanan khas Dieng. Bukan hanya lezat saja tetapi juga makanan dari daerah ini memiliki citarasa unik yang bisa jadi sulit untuk dilupakan. Tentunya ada beberapa jenis makanan yang dapat dicoba oleh para wisatawan, baik itu lokal maupun mancanegara. Bagi yang ingin tahu lebih lengkapnya, yuk lihat berikut ini daftar makanan khas Dieng yang sungguh menggoda.

5 Makanan Khas Dieng

1. Carica Dieng

Pasti sudah banyak yang kenal dengan kelezatan jenis makanan khas Dieng yang satu ini. Sebenarnya memang carica Dieng kurang tepat disebut makanan, namun bisa dikatakan buah asli Dieng dengan rasa yang khas. Bentuknya mirip papaya muda, namun rasanya lebih unik dan lezat. Dikemas dalam bentuk mini untuk sekali makan, banyak sekali wisatawan yang suka membeli carica Dieng sebagai buah tangan. Jika belum sempat mengunjungi Dieng, saat ini banyak juga yang menjajakan makanan khas daerah Dieng tersebut di beberapa toko di kota-kota besar Indonesia termasuk di ibukota.

2. Mie Ongklok

Sedapnya makanan khas Dieng yang satu ini juga berhasil menjadi buah bibir banyak penggemarnya. Racikan mie dengan kuah dan bumbu yang lezat berhasil menggoda lidah para penikmat kuliner ala Dieng. Cocok sekali disantap di tengah-tengah udara pegunungan Dieng yang cukup dingin. Hangatnya semangkuk mie dengan kuah kental yang sedap menambah citarasa mie khas daerah Dieng tersebut. Dimasak menggunakan bamboo, mie ongklok selalu sukses membuat air liur menetes kala menatap senja di pegunungan Dieng.

3. Sagon

Makanan khas Dieng selanjutnya yang cocok untuk dikonsumsi banyak orang yaitu sagon. Jenis makanan yang satu ini lebih tepat dimakan sebagai camilan. Makanan ini terbuat dari tepung sagu yang dipanggang dan ditambah dengan parutan kelapa. Sehingga terasa gurih dan lezat serta tidak ada duanya. Mencarinya juga tidak sulit saat berada di kawasan Dieng, karena ada banyak yang menjajakannya seputar kawasan wisata tersebut. Harganya juga sangat murah dan bersahabat, sehingga dijamin terjangkau oleh semua kalangan.

4. Sego Megono

Bila ingin mencoba makanan khas Dieng yang mengenyangkan, maka menu sego megono ini adalah kuliner yang paling pas untuk dicoba. Seperti namanya, menu makanan ini terdiri dari sepiring nasi, hanya saja ditambahkan berbagai macam lauk yang lezat sebagai pendampingnya. Salah satunya yang selalu menjadi bagian dari sego megono yaitu ikan teri serta beberapa jenis sayuran yang khas. Selain itu biasanya banyak yang menyantap sego megono bersama dengan tempe kemul yang tidak kalah lezatnya. Dijamin bukan hanya lezat saja, tetapi juga seporsi makanan tersebut sukses membuat kenyang perut di kala siang ataupuan malam.

5. Purwaceng

Banyak orang yang bisa jadi pernah mendengar kata yang satu ini. Meskipun sebenarnya tidak bisa dikategorikan sebagai makanan, tetapi purwaceng ini khas dari daerah Dieng. Bahan utamanya yaitu berupa tanaman purwaceng yang hanya didapatkan di seputar dataran Dieng. Kebanyakan diolah menjadi bubuk minuman yang berkhasiat. Sehingga sebagian besar meminumnya untuk alasan kesehatan.

Itulah beberapa makanan khas Dieng yang menarik dan patut untuk dicoba kelezatannya. Tidak hanya menjadi kawasan wisata dengan pemandangan menawan, namun rupanya tersimpan kekayaan kuliner yang beragam di kawasan tersebut. Jadi, saat berwisata ke area Dieng, jangan lupa untuk mencoba menu dan resep masakan di atas ya!